3 Cara Mengunci Jaringan 4G LTE HP Oppo dengan Mudah

Mengunci Jaringan 4G LTE HP Oppo – nusahealth.id. Berkat kecanggihan teknologi, sekarang semua pengguna perangkat smartphone Android bisa merasakan pengalaman internet yang kencang.

Ini karena adanya generasi keempat dari jenis jaringan atau disebut 4G. Supaya koneksi bisa fokus serta tidak terjadi perubahan ke koneksi lain secara mendadak, maka ikuti langkah mengunci jaringan 4G LTE HP OPPO.

Oppo merupakan brand ponsel Android yang sangat populer di dunia dan Indonesia. Dengan berbagai ragam seri yang dihadirkan, sekarang kebanyakan sudah dibekali dengan teknologi 4G LTE ini.

Oleh karena itu, dalam mengunci jaringan supaya tetap stabil, dapat dilakukan melalui smartphone secara mudah. Pengguna bisa mengakses internet secara cepat tanpa gangguan.

Cara Mengunci Jaringan 4g Lte Hp Oppo

Apa itu Jaringan 4G LTE?

Jenis koneksi yang disematkan pada perangkat atau gawai 4G LTE merupakan generasi keempat dengan teknologi Long Term Evolution. Hal tersebut akan meningkatkan kecepatan jaringan jika dibandingkan dari jenis pendahulunya, seperti 2G dan 3G.

Kecepatan dari LTE ini bisa mencapai 299.6 Mbps. Dengan begitu, bisa mengunduh dengan kekuatan 75.5 Mbps. Penggunaan koneksi tersebut di perangkat seluler mempunyai batasan sehingga tidak akan secepat itu.

Spektrum frekuensi di setiap negara mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Di negara-negara Asia, rata-rata frekuensinya adalah 1.800 MHz sampai 2.600 MHz. Ini akan memberikan kenyamanan berinternet ria tanpa takut terjadi buffering.

Di Indonesia, berbagai macam provider penyedia layanan telekomunikasi sudah menggunakan 4G LTE> Dengan demikian, Anda dapat membeli paket khusus dengan syarat telepon seluler juga sudah mendukung teknologi tersebut.

Kemudian, untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang stabil, pengguna dapat melakukan penguncian jaringan.

Baca : Cara Mengedit Video di CapCut

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE HP Oppo dengan Mudah

Supaya momen berselancar di internet berjalan lancar tanpa gangguan sinyal yang turun ke H+ atau bahkan E, maka harus menguncinya tetap pada jaringan 4G LTE. Metode yang dapat digunakan sangat beragam.

Di telepon seluler brand Oppo, seri yang sudah dibekali fitur tersebut bisa melakukan penguncian dengan 3 cara mengunci jaringan 4G LTE HP OPPO dari nusahealth.id di bawah ini.1.

1. Lewat Menu Setting

Lewat Menu Setting

Cara pertama adalah mengunci koneksi melalui Menu Setting. Dengan demikian, semua pengguna Oppo dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan atau install aplikasi lainnya.

Adapun langkah-langkahnya dapat dilihat pada penjelasan berikut.

  • Masuk ke Menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ di telepon pintar
  • Pilih sub Menu ‘SIM Ganda & Seluler’
  • Pilih ‘Kartu SIM’ mana yang ingin dikunci
  • Tekan opsi ‘4G/3G/2G/’
  • Selesai

Penggunaan metode di atas dapat dipraktikkan ke semua versi Oppo baik keluaran lama atau baru dengan syarat sudah menggunakan teknologi koneksi 4G.

Dengan demikian, cara tersebut sangat mudah ditiru dengan perbedaan tertentu pada bagian tulisan Menu atau simbolnya. Jadi, sesuaikan berdasarkan tipe hp masing-masing.

2. Lewat Menu Panggilan

Lewat Menu Panggilan

Langkah penguncian selanjutnya adalah melalui menu Panggilan. Anda tidak perlu menelepon atau memanggil layanan pelanggan. Dalam hal ini, cukup dial up ke kode rahasia yang dapat dipakai untuk semua versi Oppo.

Jika sudah penasaran dengan bagaimana cara lengkapnya? Langsung simak tahapannya berikut ini.

  • Masuk ke Menu Panggilan Telepon di hp
  • Masukkan kode dial ‘*#*#3646633#*#* atau ‘*#*#4636#*#*’
  • Akan muncul pop up Menu ‘Pengujian Jaringan Telepon’
  • Klik opsi ‘Informasi Telepon’
  • Atur ke mode ‘4G Only’
  • Tunggu beberapa saat
  • Selesai

Pastikan dalam memasukkan kode tidak ada angka atau simbol yang terlewat supaya berhasil. Jaringan akan langsung berubah ke bentuk LTE sehingga akan memberikan kecepatan dalam menggunakan internet sesuka hati.

3. Memakai Aplikasi

Memakai Aplikasi

Jika dari dua cara sebelumnya memakai fitur yang sudah tersedia di hp, kali ini Anda juga mengunci koneksi memakai aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak sekali pilihan rekomendasinya.

Namun, salah satu paling bagus adalah Switcher. Ikuti proses selengkapnya di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Switcher melalui Google Play Store
  • Tunggu hingga pemasangan selesai
  • Jalankan aplikasinya
  • Masuk ke menu utama, langsung klik ‘Pengujian’
  • Pilih opsi ‘Set Preferred Network Type’
  • Pilih ‘LTE Only’
  • Selesai

Untuk mengetahui apakah status jaringan sudah berubah atau belum, maka Anda dapat melihatnya melalui Bar Status di bagian atas smartphone. Jika telah berubah ke 4G, bisa langsung digunakan untuk akses internet yang lebih kencang.

Syarat Mengunci Jaringan 4G

Setelah mengetahui cara dalam mengunci jaringan 4G LTE HP OPPO, maka penting juga untuk mengetahui lebih dalam tentang sejumlah syarat memakai fitur tersebut. Secara lengkap, ketahui syaratnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Perangkat Sudah Mendukung Koneksi LTE

Sama dengan jenis jaringan sebelumnya, seperti 3G, sebuah perangkat yang sudah dibekali teknologi tersebutlah yang dapat dikuncikan. Dengan demikian, jika ponsel Oppo Anda merupakan versi lama yang belum update ke koneksi LTE, tentu tidak dapat digunakan.

Meskipun, Anda membeli paket data dengan kuota 4G, maka akan mubazir saja.

2. Lokasi/Area Dapat Akses LTE

Syarat kedua adalah lokasi atau area telah mempunyai akses ke LTE. Di Indonesia sendiri, belum semua wilayah mempunyai jangkauan jaringan 4G sehingga penggunaannya tentu menyesuaikan.

Apabila belum update ke versi tersebut, tentu saja tidak dapat mengunci jaringan 4G LTE HP OPPO meskipun smartphone Anda telah didukung teknologi LTE.

Baca : Cara Mengunci Jaringan 4G LTE HP Realme Semua Tipe

Keuntungan Menggunakan Koneksi 4G LTE

Keuntungan Menggunakan Koneksi 4g Lte

Semakin canggihnya teknologi, maka kini sebagian besar perangkat Android telah beralih memakai versi jaringan 4G LTE. Hal tersebut karena akan memberikan dampak keuntungan lebih baik jika dibandingkan dengan versi pendahulunya. Berikut daftar keuntungannya.

1. Bisa Streaming Tanpa Loading Lama

Salah satu hobi masyarakat saat ini adalah menonton video atau streaming. Namun, akan sangat menjengkelkan jika terjadi buffering alias loading super lama.

Dengan menggunakan sinyal 4G yang dikunci, maka bisa memberikan pengalaman streaming yang menakjubkan. Tidak ada momen mengesalkan yang terjadi sehingga sangat nyaman dan menyenangkan.

2.Internet Lebih Kencang

Melakukan berbagai pekerjaan seperti browsing di internet juga jauh lebih cepat. Masuk ke suatu halaman blog atau situs tidak perlu menunggu lama-lama.

Dalam mencarikan kata kunci juga sangat kencang seperti hanya dengan satu klik saja, semua hasilnya akan keluar. Ini juga membuat pekerjaan atau tugas sekolah selesai tepat waktu.

3. Melakukan Video Call Tanpa Macet-Macet

Kecanggihan teknologi juga memudahkan dalam berkomunikasi. Video call menjadi cara untuk bersapa dan melepas rindu kepada keluarga atau orang tersayang lainnya.

Memakai jaringan 4G, maka video call bebas macet-macet karena sinyal jelek. Dengan demikian, momen komunikasi terasa semakin mendekatkan yang jauh.

4. Mengunduh dan Mengunggah Lebih Cepat

Kecepatan unduhan 4G LTE mencapai 300 Mbps. Ini akan memudahkan Anda mendownload aplikasi, foto, video, audio, dokumen, dan berbagai berkas lainnya secara cepat.

Selain itu, dalam mengunggah juga tidak kalah cepatnya. Kecepatannya dapat mencapai hingga 75 Mbps. Mengunggah berkas secara online atau upload ke media sosial menjadi bebas tanpa kendala.

Itu dia ulasan mengenai cara dalam mengunci jaringan 4G LTE HP OPPO. Menggunakan metode tersebut akan memberikan sinyal yang stabil sehingga nyaman dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas.

Tinggalkan komentar