Cara Cek Touchscreen di HP Xiaomi Tidak Responsif / Berfungsi

Cara Cek Touchscreen di HP Xiaomi – nusahealth.id. Telepon seluler sudah menjadi kebutuhan penting dalam hidup. Tidak hanya fungsi utamanya sebagai komunikasi, smartphone juga mempunyai teknologi canggih setiap waktu.

Salah satunya dibuktikan dengan adanya layar sentuh. Berbeda dari hp dengan keypad pada zaman dulu, Anda perlu melakukan cek touchscreen di HP Xiaomi.

Xiaomi mempunyai pasar luas di tanah air. Dengan berbagai pilihan tipe dibanderol harga mulai dari menengah hingga ke atas. Sebagian besar tipe terbarunya sudah memakai teknologi touchscreen sehingga memberikan rasa nyaman dan berbagai keuntungan.

Namun supaya kondisinya tetap berjalan baik, lakukan cek touchscreen di HP Xiaomi secara rutin agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan bisa segera tertangani.

Cara Cek Touchscreen Di Hp Xiaomi Tidak Responsif

Apa itu Touchscreen?

Touchscreen adalah visual pada sebuah perangkat yang memberikan tampilan serta dapat dikontrol menggunakan gerakan tertentu, yakni memakai sentuhan jari. Teknologi ini sudah ada sejak dulu serta sudah diterapkan ke berbagai jenis perangkat, mulai telepon pintar, tablet, laptop, dan masih banyak lagi lainnya.

Penggunaan layar sentuh yang menggantikan keypad pada gawai zaman dulu menghadirkan berbagai keuntungan. Dengan memakainya, maka memberikan tampilan gadget lebih compact sehingga tidak terlihat terlalu banyak tombol-tombol dimana bagian layarnya justru lebih kecil.

Hal tersebut tentu tidak memberikan kepuasan dan kenyamanan ketika menggunakannya. Teknologi layar sentuh menjadi sebuah inovasi yang membuat pengguna smartphone lebih merasa puas, terlebih untuk aktivitas seperti menonton atau bermain game.

Berbagai perintah dapat dimasukkan lalu kemudian akan diproses untuk ditampilkan di screen display. Tetapi, bukan berarti tidak ada kendala sehingga perlu melakukan pengecekan kondisinya.

Cara Cek Touchscreen di HP Xiaomi Melalui Kondisi Fisik Hp

Ponsel Xiaomi merupakan salah satu favorit warga Indonesia terutama para anak muda. Spesifikasi bagus dihadirkan dengan harga terjangkau. Untuk itu, bisa dengan mudah membelinya dalam kondisi baru maupun second.

Namun keduanya mempunyai kemungkinan terjadi error pada bagian layar. Oleh sebab itu ikuti panduan cek touchscreen di HP Xiaomi secara manual berikut.

Perubahan Warna Layar

Masalah pertama yang dapat Anda identifikasi pada penggunaan smartphone Xiaomi adalah terjadinya perubahan warna. Ini bisa dilakukan pengecekan dengan melihat kondisi fisik hp dimana biasanya terjadi tanda-tanda seperti berubahnya warna menjadi kekuningan, cokelat, atau lainnya dimana tampak tidak normal atau sehat.

Munculnya error di bagian warna screen display dapat disebabkan oleh adanya kerusakan baik pada hardware itu sendiri maupun komponen lunaknya (software).

Hal tersebut tentu saja akan memberikan rasa tidak nyaman sehingga terganggu ketika menggunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Terlebih jika harus menatap layar dalam waktu lama.

Layar Pecah

Screen display Xiaomi juga dapat mengalami kerusakan berupa pecah sehingga mengganggu fungsi sentuhan. Memberikan masukan atau perintah menjadi tidak responsif lagi. Ini dapat langsung Anda perhatikan hanya dengan menggunakan kasat mata. Bagian screen pecah akan tampak seperti guratan serta jika dipegang terasa kasar.

Kerusakan satu ini memang tampak jelas sehingga bisa melakukan perbaikan setelah mengetahuinya. Dengan demikian, dapat diperbaiki secepatnya. Screen pecah tentu tidak bisa bekerja secara maksimal serta mengganggu tampilan dimana ada bagian tertentu yang tidak jelas, terpotong, sehingga memberi rasa tidak nyaman.

Kondisi Layar Goyang

Ketika Anda membeli hp Xiaomi, baik kondisinya baru maupun bekas, alangkah baiknya memperhatikan keadaan layar. Pada hal ini, rasakan apabila screen tidak goyang dan longgar. Apabila terasa normal serta stabil, maka mengindikasikan kondisi bagus sehingga bisa bekerja dengan baik untuk menerima berbagai perintah.

Berbeda ketika kondisi layarnya sedikit goyang serta tidak terlihat menempel dengan baik pada body smartphone. Hal tersebut dapat menjadi tanda adanya kerusakan. Anda bisa mencoba mengetesnya melalui penggunaan untuk berbagai aktivitas, misalkan mengetik, menggeser-geser menu, hingga bermain gim. Jika tidak responsif, segera perbaiki.

Layar Retak

Keretakan layar paling sering terjadi karena penggunaan sehari-hari. Kerusakan tersebut dapat memicu tidak responsifnya touchscreen terhadap sentuhan.

Retakan bisa mulai dari skala kecil hingga besar. Namun, terkadang karena masih sedikit, banyak pengguna merasa tidak masalah, padahal itu bisa semakin besar keretakannya jika tidak segera diperbaiki.

Pengecekan kondisinya dapat dilakukan dengan memakai senter. Sorot pada layar smartphone Anda, lalu cari bagian retaknya. Rasakan dengan menyentuh bagian retaknya secara perlahan-lahan.

Masalah ini dapat mengganggu kegiatan Anda selama menggunakan ponsel. Namun, tenang saja karena bisa menggantinya dengan layar baru.

Cara Cek Touchscreen di HP Xiaomi Memakai Kode

Selain bisa melakukan pengecekan secara manual dengan melihat kondisi fisik smartphone, Anda dapat mengetes memakai kode rahasia Xiaomi. Di dalamnya terdapat pilihan fitur pemeriksaan kondisi screen. Adapun cara lengkapnya dapat Anda ikuti pada tahapan-tahapan di bawah.

  • Buka Menu ‘Telepon‘ di ponsel
  • Ketikkan kode *#*#64663#*#*
  • Klik tombol ‘Panggil‘ atau ‘Dial
  • Tekan opsi ‘Color
  • Ikuti langkah pengecekan warna screen sampai selesai

Metode pengetesan warna ini mempunyai 3 jenis, yakni merah, hijau, dan biru. Apabila warna dipilih tidak muncul atau sesuai, maka dapat diindikasikan terjadinya kerusakan pada layar smartphone Xiaomi. Selain itu, ada metode pengecekan memakai Touch Sensor. Berikut cara lengkapnya.

  • Setelah tes warna selesai, buka laman ‘Menu
  • Klik opsi ‘Touch Sensor/Touchscreen Edge
  • Muncul kotak-kotak
  • Geser atau sentuh motif tersebut
  • Jika berubah jadi warna biru atau hijau, menandakan kondisi screen normal

Dalam melakukan metode pengecekan tersebut, apabila warna yang muncul bukan biru maupun hijau, dipastikan layarnya sedang rusak. Ini menyebabkan gangguan responsif ketika Anda sentuh dimana menjadi tidak bisa maupun perintah salah dijalankan.

Cara Cek Touchscreen Memakai Aplikasi

Cara Cek Touchscreen Memakai Aplikasi

Melakukan pemeriksaan keadaan touchscreen juga dapat dilakukan melalui penggunaan aplikasi pihak ketiga. Di Google Play Store, Anda bisa dengan mudah menemukannya. Berikut sejumlah rekomendasinya.

Display Tester

Display Tester
Display Tester
Developer: Braintrapp
Price: Free

App pertama adalah Display Tester. Aplikasi ini menyimpan berbagai metode pemeriksaan. Cara utamanya adalah mengetahui kondisi screen redup maupun warnanya hilang.

Dengan demikian, bisa langsung mendeteksi secara menyeluruh seluruh bagian dari layarnya sehingga jika terjadi kerusakan dapat langsung ditangani.

Pada Display Tester juga tersedia fitur pengecekan Dead Pixel. Melalui titik-titik hitam, pengguna bisa melihat fungsi layarnya masih normal atau tidak. Selain itu, juga menyediakan solusi berupa perbaikan permasalahan touchscreen. Sebagai contoh burn-in/shadow yang terdapat di Menu Repair Burn-in.

Multi Touch Test

MultiTouch Tester
MultiTouch Tester
Developer: 511plus
Price: Free

Aplikasi kedua bernama Multi Touch Test. Ini kompatibel untuk semua tipe smartphone Android Xiaomi. Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui App Store. Ini cocok dalam menangani permasalahan seperti tidak dapat mendeteksi adanya sentuhan seperti ketika melakukan aktivitas screenshot.

Penggunaan aplikasi Multi Touch Test sangat mudah dimana hanya perlu menempelkan jari di layar. Setelah itu, akan muncul warna-warna berbeda setiap jarinya.

Kemudian, app akan mendeteksi jumlah jari yang masih responsif pada titik screen tertentu. Dengan begitu, apabila ada bagian tidak terdeteksi, maka bisa dikatakan terjadi kerusakan.

Itu dia informasi lengkap tentang bagaimana cara cek touchscreen di HP Xiaomi untuk semua tipe smartphone keluaran China ini. Gunakan metode manual, kode rahasia, atau memakai bantuan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga

Tinggalkan komentar